/* backnutton non aktif */

MEMBANGGAKAN !! Dunia Tercengang Indonesia Bisa Ekspor Kapal Perang

PT PAL Indonesia selekasnya meluncurkan satu unit kapal perang pesanan Filipina type " Strategic Sealift Vessel " (SSV), yang sistem pelaksanaannya telah mencapai 90 %, pada 18 Januari 2016.

Direktur Produksi PT PAL Indonesia, Edy Widarto menyampaikan, peluncuran itu rencananya di hadiri Presiden Joko Widodo, sebab jadi catatan sejarah Indonesia yang kali pertama melakukan ekspor kapal jenis perang.

 " Kita masihlah menanti konfirmasi dari beliau (presiden), sebab peluncuran atau 'launching' ini sekaligus jadi bagian dari eksperimen pertama untuk kapal perang buatan anak bangsa, " kata Edy sebelumnya di Jakarta.

Dalam peluncuran nanti, kapal perang canggih itu bakal diuji coba untuk mengapung di laut, dan kekuatan daya tahan kapal pada musuh, ditambah manfaat sejumlah peralatan mutakhir yang ada didalam manifest kapal.

 " Sesudah peluncuran, kemudian kita sempurnakan dengan melakukan pengecatan sesuai sama pemesan serta menyambung lagi beberapa komponen peralatan listrik, " ucapnya.

Begitu, kata Edy, satu unit kapal itu bakal siap diserahkan secara resmi pada pemerintah Filipina pada Mei 2016.

Dalam peluncuran itu bakal dikerjakan beberapa agenda besar, seperti peluncuran kapal type Perusak Kawal Rudal (PKR) pesanan TNI Angkatan Laut, dan penempatan blok kapal perang ke-2 pesanan Filipina.

 " Filipina pesan dua unit kapal perang 'Landing Basis Deck' (LPD) type SSV pada Indonesia. Ketika peluncuran, kapal pertama kita lakukan penempatan blok untuk pesanan step ke-2, " tuturnya.

Kapal pesanan Filipina itu di desain dengan panjang 123 mtr., lebar 21, 8 mtr. serta dapat mengangkut 500 pasukan dan bobot sampai 10. 300 ton, dan memiliki kecepatan atau bisa melaju selama 30 hari dengan jarak 9. 360 mil laut dengan kecepatan maksimal 16 knot.

Selain itu, kapal perang buatan anak negeri itu juga dapat membawa dua helikopter, serta mengangkut kapal " landing craft utility " (LCU) dan sejumlah tank perang sampai truk militer.

SUMBER:http://rimanews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel